Thursday 20 November 2008

Download Video dari Youtube

Entah kan dulu sudah pernah menulis tentang ini atau belum, tapi yang jelas sudah berulang kali saya browsing tentang download youtube ini. Pertanyaan serupa juga seringkali diajukan oleh siswa dan guru yang sedang browsing di CommIT.Lab, maka itulah maksud dan tujuan postingan ini, dan seperti biasa ini adalah postingan copas dari link[1], , link[2] dan link[3] sedangkan berikut adalah liputannya ;)

nah.. link[1] itu adalah tentang Chrome, dah pada tau donk Chrome. Browser besutan Om Gugel. Saya lagi pake yang ini sekarang cuman versi yang udah diutak-atik yaitu Iron. Oke saya kopas, karena susah nulisnya:
Mendownload video dari YouTube - seperti yang ditulis sebelumnya - adalah sangat mudah hanya dengan memanfaatkan log file cache pada browser Anda. Namun jika menggunakan browser terbaru dari google, Google Chrome mungkin Anda sedikit bingung untuk menentukan lokasi cache dari browser tersebut.

Lokasi standar folder cache Google Chrome terletak di: "[User Profil] \ Local Setting \ Application Data \ Google \ Chrome \ Data User \ default \ Cache"

(untuk Iron silahkan sesuaikan saja)
(kalo firefox Cachenya aja di sini:
C:\Documents and Settings\Owner\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profilesxnl4q7w.default\Cache
lagi2... sesuaikan owner dengan desktop masing-masing woke
Anda dapat mengakses folder ini untuk melihat isi disimpan dalam cache. Untuk membuat proses ini lebih mudah, anda dapat menggunakan utility kecil 'ChromeCacheView' yang berguna untuk membaca folder cache pada browser Google Chrome.

Utility ini dapat menampilkan daftar file yang tersimpan dalam cache bersama dengan atribut seperti URL, konten jenis, ukuran file, terakhir diakses waktu, waktu kadaluarsa, nama server, dll.

Anda dapat memilih file apa saja dari cache penampil untuk menyalin dan menggunakan lebih lanjut. Hal ini dapat berguna dalam menyalin gambar, atau bahkan bisa memanfaatkannya untuk mendownload file flash video dari YouTube.

Selamat mencoba...

No comments: