Friday 12 September 2008

Terminal, Shell, Bash

Sebenernya ini bukan ingin membahas judul diatas, seperti biasa hanya sebagai catatn kecil saja.
Saat mengikuti sebuah tutorial di internet yang menggunakan bash/terminal/konsol/CLI -gak tau juga apakah sama atau sebetulnya berbeda? Ada panduan untuk menekan Alt+Ctrl+F1 sebagai shortcut untuk memunculkan terminal.

Saya pikir cuman terminal biasa yang kita masuki pake Application>Accessories>Terminal ternyata.... berbeda (yang ini beneran full command line, kalo Om Iman bilang sih "bermain di dunia hitam"
Nah tuh panduan khan blom sempet diprint or dicatet. Saat mau balik ke GUI lagi bingung dah!
Coba Telpon beberapa rekan dan dikasih solusi, masih gak bisa malah yang keluar "Fatal Error" waduh! piye ki?? Memang saran untuk reboot sih OK, tapi sedang mendownload sebuah file yang cukup gede dan sudah 80%an gimana yah? Mana Pak Iman gak ngangkat lagi meski sudah berkali-kali ditelpon.

Akhirnya terpaksa deh reboot dan mengorbankan file yang sudah didownolad. Eh pas masuk lagi dan buka Firefox, kembali terbuka tab-tab yg sebelumnya kita browsing. Pas baca lanjutan panduannya, ternyata untuk keluar dari "dunia hitam" itu kita hanya perlu menekan Ctrl+Alt+F7 wah syukur deh nambah satu ilmu lagi bagi seorang noob seperti saya ini.

No comments: