Tuesday 2 December 2008

Agar Blog Ringan Dibuka

Speed Up your Blog --tips by Blogger
tulisan asli ada di sini

Bagaimana cara buat blog dibuka lebih cepat?

Kecepatan dalam membuka blog adalah hal yang penting untuk menarik pengunjung datang ke blog kita. Jika blog kita lama di-load, banyak pengunjung yang akan meninggalkan blog sebelum mereka sempat membacanya. Berikut ini beberapa tips agar blog cepat terbuka (diload) dan menarik bagi pengunjung:

Postingan/tulisan

Jumlah postingan yang akan ditampakkan berpengaruh pada kecepatan akses blog anda. Kita dapat mengatur jumlah postingan yang akan ditampilkan pada tab Settings | Formatting. Disarankan hanya sejumlah 10 psotingan atau kurang dari itu

JavaScript pihak ketiga dan Tautan/link

Untuk kecepatan optimal, Blogger menyarankan untuk menggunakan widget, JavaScript dan Tautan-tautan dari Google/Blogger. Namun, jika kita ingin menggunakan juga JavaScript, Link dan Widget pihak ketiga, blog kita akan di load lebih cepat jika kita meletakkannya di bagian bawah/dasar blog. Bila terdapat di sidebar, taruhlah di bagian bawah.

Gambar dan Media

semakin banyak gambar, video dan multimedia terpasang di blog, akan semakin lama terbukanya. Namun, disisi lain gambar dan multimedia lainnya penting untuk menarik perhatian pengunjung, Jadi perlu dilakukan beberapa hal agar gambar dan mutimedia yang kita butuhkan untuk ditampilkan tidak mengorbankan kecepatan akses blog. Berikut beberapa tipsnya:

  • Perkecil ukuran gambar atau buat Thumbnail-nya
  • Jika menggunakan gambar dari pihak ke tiga, pertimbangkan untuk menaruhnya di Picasa Web Albums melalui post editor.
  • Jika kita memiliki banyak gambar untuk di perlihatkan, kita bisa menguploadnya di Picasa Web Album dan membuat tautan/linknya di postingan ataupun sidebar blog kita.

Saran Lainnya

  • Jika kita menambahkan beberapa CSS tertentu di blog, pastikan kita menaruhnya di bagian atas.
  • Dan hal yang paling penting adalah isi blog kita yang paling menarik haruslah di-load dengan cepat. Untuk membantu mengetahui bagian mana yang mengambil waktu yang lama kita bisa menggunakan Stopwatch. Untuk menggunakan Stopwatch, masukkan URL blog kita pada text box and klik "Start StopWatch". Stopwatch akan membuka blog kita dalam sebuah frame dan akan mencatat waktu yang diperlukan untuk meload semua hal yang ada di blog kita, termasuk gambar, video, widget, dll. Buat catatan item/bagian mana yang memakan waktu lama untuk di load dan lakukan penyesuaian di sana-sini sesuai petunjuk di atas tadi.

5 comments:

Unknown said...

wow 18 detik untuk membuka blog saya... sangat berat sekali...
mohon tipsnya biar ringan dong... makasi

Unknown said...

13 detik, hmm, masih berat.

Tabuaqz said...

Solusi yang mantap mas.... hahahaha
tapi kalo dapat temapat post nya 7 aja biar lebih ringan.... hehehehehe

Oia Mas Jalan2 Lah Ke Blog Saya...
tabuaqz.blogspot.com

akhmad nafarin said...

info yg berguna bagi para blogger

Unknown said...

mas kalo engine blog yang paling ringan dan rekomended apa ya?

salam kenal
x ray