Monday, 18 May 2009

Obat batuk untuk Ibu hamil

Beberapa hari belakangan bunda Dymsi mengalami batuk yang cukup mengganggu, kita tidak berani mengambil resiko dengan minum sembarang obat karena bunda lagi hamil, usia kandungan saat ini kira-kira 6 bulan, takut berpengaruh pada janin. Langkah sederhana yang mudah dilakukan adalah perbanyak istirahat, banyak minum terutama yang hangat-hangat (minuman atau makan sup), minum vitamin c, banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga berjemur di pagi hari. Setelah baca-baca di internet, ada yang memberi tahu beberapa obat batuk yang pernah digunakan dan diresepkan oleh dsog mereka seperti OBH (OBH yang tanpa ctm misalnya OBH dari Combiphar -tapi BUKAN OBH Plus), dan Obat batuk Ibu dan Anak. Tapi memang untuk penggunaan obat lebih baik di konsultasikan dengan dsog (dokter spesialis obgyn/kandungan).

Bagaimanapun lebih baik untuk menggunakan obat-obatan dengan bahan alami, ketahui penyebab atau pemicu batuk (alergen) dan hindari, apabila batuk disertai demam biasanya kaena ada infeksi dan ini memerlukan antibiotik. Bila harus mengkonsumsi antibiotik artikel berikut ini bisa menjadi rujukan golongan obat yang aman dan yang lebih baik dihindari oleh ibu hamil. Beberapa resep tradisional alami yang banyak digunakan oleh ibu hamil saat batuk antara lain:
  1. 4 batang sereh dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air, tambahin gula batu secukupnya dan irisan daun jeruk secukupnya, lalu tunggu sampai mendidih dan sisa air kira2 tinggal 1 gelas, lalu diminum hangat2 untuk dikonsumsi 1 hari.
  2. Jeruk nipis diperas ditambah kecap -gunakan kecap yang tanpa pengawet dan msg.
  3. jeruk nipis di iris seperti mau di peras, diolesi kapur sirih, dilewati diatas api sampai air kapur sirihnya kering, baru diperas (kira2 dapat 1 sendok makan), diminum (ini juga manjur untuk pilek)
  4. Kencur diparut, diperas, diminum hasil perasaannya ditambahkan
    sedikit garam
  5. Bubuk kayu manis ditambah madu
  6. Jus mengkudu (matang) diblender, saring ambil airnya campur jeruk
    nipis + madu
    note: mengkudu yang sudah matang benar2 bau, jadi pas mau minum tahan napas
    saja.
  7. pengencer dahak dan iritasi tenggorokan dari jahe : jahe seukuran jari dan air satu gelas, direbus sampai mendidih

Coba saja pakai aromatherapy, soalnya kalau di aku dan anak-anak it works. Kalau batuknya tidak berdahak pakai Chypre saja, kalau berdahak pakai Thyme Flower atau campuran Eucalyptus dan Chypre. Kalau obat tradisional, madu sama jeruk nipis yang sudah dibakar dulu sama kulitnya baru diperas (campur sama madu). Cepat sembuh ya [Dm]

Batuknya karena virus atau karena alergi? Kalau alergi mesti dicari pencetusnya, kalau sudah ketemu harus dihindari, soalnya kalau alergi tidak bisa diobati, begitu ketemu pencetusnya nanti kambuh lagi, tapi kalau karena virus cukup minum air putih hangat sebanyak-banyaknya, istirahat, makan sehat, kalau aku dibantu/ diperingan pakai aromatherapy.
Kalau batuknya kering pakai yang cypre, tapi kalau berdahak biasanya cukup euca dicampur sama greentea saja atau bisa juga jeruk nipis diperas sesendok makan tambah kecap manis, ini sih kalau menurutku vitamin c dosis tinggi, dan kecapnya untuk manisnya saja. Semoga membantu


beberapa link tentang aromatherapy:
[1] http://belair.blogsome.com/
[2] http://www.belairtherapy.com/
[3] http://sehataromatic.blogspot.com/

5 comments:

attayaya said...

siiiip...
serai dan jeruk nipis perpaduan yg baik untuk melegakan tenggorokan

obatherbalalami.com said...

Nice info. Nambahin, jangan terlalu banyak makan gorengan

M. Asrori Ardiansyah said...

wah, trimksih bgt infonya.. soalnya takut mo pake obat2 konfensional.. milih yg natural aja
Makalah Pendidikan

Tien Zanua said...

Ga mempan tuh,,uda dicoba,,,duhhh gmna yahh,,,

Yulianto iskandar said...

Terima kasih atas posting yang bermanfaat untuk orang lain dan saya sendiri.


V & Y